Instal Ubuntu dengan Wubi

Ketika ingin belajar menggunakan Sistem Operasi Linux para pengguna komputer yang terbiasa menggunakan Windows biasanya akan menggunakan dua system operasi, yaitu Windows dan Linux. Atau yang kita kenal dengan istilah “dual boot”.
Terdapat berbagai cara agar Anda bisa melakukan setup dengan dual boot. Dan untuk menginstalnya sangatlah penting untuk memahami bahwa sistem operasi harus diinstall pada urutan tertentu agar dual boot dapat bekerja. Kebanyakan dalam proses instalasi Linux ini, sangat membingungkan bagi pemula, terlebih ketika harus mempartisi atau membagi hardisk. Seperti yang saya alami, ketidaktahuan mengakibatkan data-data penting menjadi hilang akibat ketidaktahuan dalam mempartisi. Alhamdulillah ketika pusing mencari cara agar bias melakukan dual boot ada teman yang menyarankan agar menggunakan WUBI. Karena dengan menggunakan WUBI kita bisa menginstal dan menguninstall Linux Ubuntu dengan mudah melalui Windows.
Wubi adalah installer Ubuntu untuk Windows yang memungkinkan kita menginstall atau menguninstall Ubuntu dari Windows. Wubi akan menambahkan pilihan untuk menjalankan Linux Ubuntu pada menu boot Windows. Ubuntu akan diinstall dalam sebuah file pada sistem file Windows, file ini akan dianggap harddisk sebenarnya oleh Ubuntu. Jadi, kita tidak perlu pusing-pusing membagi partisi pada hardisk. Tinggal install dan kita siap untuk menggunakan Linux atau Windows.
Langkah-langkah instalasi Wubi :
1. Buat folder wubi di pada partisi. Terserah mau diletakkan dimana.
2. Download Wubi installer di http://wubi-installer.org/ dan simpan hasil download dalam folder yang anda buat bersama file iso Ubuntu.
3. Klik dua kali pada icon Wubi untuk mulai menginstall.
4. Pilih letak partisi harddisk yang akan digunakan untuk menginstall WUBI. Anda bebas mau meletakkannya dimana. Kalau computer saya di drive F. Pada desktop environment pilih Ubuntu, kemudian pilih juga bahasa yang akan digunakan untuk instalasi (saya sarankan Anda memakai bahasa Indonesia agar mudah dipahami) dan yang paling penting tulis username dan password, kemudian klik install.
5. Kemudian proses pengopyan dan penginstalan akan berlangsung beberapa saat. Karena kita telah memiliki file iso Ubuntu maka tidak perlu menunggu lama, sebab tidak perlu susah-susah mendownload file tersebut lagi.
6. Jika sudah selesai computer akan meminta untuk dierestart.
7. Setelah booting akan ada pilihan untuk masuk ke sistem operasi Windows atau Ubuntu. Pilihlah Ubuntu dengan menekan tanda panah bawah lalu tekan Enter.
8. Proses instalasi Ubuntu akan berjalan secara otomatis tanpa kita perlu melakukan apa-apa.
9. Setelah instalasi selesai, maka komputer akan kembali reboot. Pilihlah kembali sistem operasi Ubuntu.
10. Ketikan username kemudian enter, lalu ketikan password) setelah proses booting.
11. Ucapkan “Alhamdulillah” jika Anda sudah bisa menggunakan dan mengeksplorasi Linux Ubuntu, namun jika belum cobalah bergoogle ria.
12. Akhir kata “Selamat menggunakan Linux Ubuntu”.

0 comments:

Post a Comment