Ubuntu 10.04


Ubuntu merupakan suatu sistem operasi yang bebas dan open source yang menggunakan fondasinya adalah Debian dan dirilis secara berkala (setiap enam bulan). Setelah keluarnya Ubuntu 9.10 (Koala Karmic), maka selanjutnya giliran Ubuntu 10.04 (The Lucid Lynx.) yang akan keluar. Citra Lucid Lynx sendiri adalah sebuah harimau kutub, seperti diimajinasikan oleh Wikipedia disamping.
Sesuai dengan namanya, Ubuntu 10.04 akan dirilis pada April 2010. Jadwal rilis lebih lengkapnya:
3 December 2009 – Alpha 1 release
7 January 2010 – Alpha 2 release
4 February 2010 – Alpha 3 release
4 March 2010 – Beta 1 release
1 April 2010 – Beta 2 release
15 April 2010 – Release Candidate
29 April 2010 – Final release of Ubuntu 10.04 LTS!

Lucid Lynx sendiri akan menjadi salah satu versi LTS (long time support) dari Ubuntu. Dengan demikian Lucid Lynx akan dikembangkan dan didukung pengembangannya selama 5 tahun.

Lucid Lynx ini dibangun berdasarkan kernel Linux 2.6.31 yang dirilis di Ubuntu 9,10 (Karmic Koala),  kemudian ditingkatkan menjadi kernel 2.6.32 pada linux baru ini . Di samping itu, GIMP tidak lagi ditawarkan sebagai editor grafis default, karena kompleksitas dan ruang disk yang besar, maka akan digantikan oleh PiTiVi. HAL (Hardware Abstraction Layer), sementara itu, telah sepenuhnya dihapus dari Ubuntu, yang katanya untuk meningkatkan waktu boot dan resume.

Menurut OMG! Ubuntu, rilis baru menawarkan update baru tombol di Ubiquity installer, sehingga "installer untuk memperbarui diri sebelum instalasi Ubuntu, memperbaiki setiap bugs atau issues dan mungkin memperbarui slide-show dalam terang perubahan atau tweak. "

Versi baru ini juga dikatakan untuk memangkas bawah peruntukan Ubuntu permainan, hanya meninggalkan AisleRiot Solitaire, Gnometris, Mahjongg, Mines, dan Sudoku. Fitur baru lainnya dikatakan termasuk peningkatan breadcrumb tombol-tombol pada Software Center, sebuah alat Byubo baru yang menawarkan sistem tambahan statistik, dan super-user embel-embel judul bar untuk "jendela-jendela yang dijalankan sebagai root (sudo)."

0 comments:

Post a Comment